Kamis, 19 Maret 2009

MENEMUKAN KEKUATAN SEJATI

“Sousa kanashimiwo yasashisa ni jibun rasisha wo chikara ni!”
(Ubahlah kesedihan jadi kekuatan, ubahlah keunikan (sesuatu yang beda) jadi kekuatan.
-Little by little, OST Naruto anime-

Pernahkah kita berpikir bahwa kita diciptakan dalam keadaan yang sempurna?
Pernahkah anda berpikir bagaimana rasanya menjdai cacat?
Apakah orang cacat tidak mampu melakukan sesuatu yang berguna?

Anda tahu Miyuki Inoeu?, seseorang yang dilahirkan dalam keadaan buta dan beratnya hanya 500 gram. Walaupun dia dilahirkan dengan keadaan yang seperti itu, tapi toh sekarang dia hidup bahagia dan penuh semangat denagn ibunya.
Ada lagi, Kifuji Aya, seorang gadis yang divonis terkena penyakit Spino Celebra Degeneration (moga benar nulisnya,hehe). Tapi dia tetap berusaha untuk hidup dan memberikan inspirasi kepada semua orang melalui tulisan-tulisannya.
Anda dapat mengambil pelajaran yang berharga dari diri mereka. Tapi saya tidak akan menceritakankisah lengkap mereka di sini. Anda dapat melihat dan membaca kisah mereka di buku.

Nah, yang ingin saya tegaskan di sini adalah kelemahan (kekurangan yang ada pada diri kita) bukanlah penghalang bagi kesuksesan anda. Justru sebaliknya! Itu merupakan kekuatan anda.
Bagaimana bisa??

Suatu contoh, Anda pernah melihat olimpiade orang cacat? Nah, itulah contoh yang baik. mereka dapat meramu kelemahan mereka menjadi kekuatan yang dahsyat. Atau untuk simplenya, contoh lain, si A merupakan orang yang tidak terlalu pintar. Tetapi karena sadar akan kemampuannya yang pas-pasan dia meramu sebuah resep untuk belajar lebih banyak dan teratur. Alhasil dia dapat mengerjakan soal dan mendapat nilai 100. Wah, itu mungkin sekali kan..
Satu rahasia:
Apapun keadaan kita sekarang, kita merupakan orang yang terpilih!!
Percaya kah anda?
Oke, kita bicara soal biologi sedikit..
Ada lebih dar 400juta sperma yang berlomba-lomba menuju rahim. Tetapi hanya satu yang bisa sampai rahim dan menuju sel telur. Ya..itulah awal mula kita, bukan sembarang siapa kita sebenarnya!!
Maka dari itu bangun kekuatan kita sekarang..
Have a nice life!
Nah,
Untuk menjadi yang terbaik, kita tidak perlu menjdai yang terdepan..Kita cukup menjdai yang terunik saja
Apa sich maksudnya??
 Oke, sebelumnya yang saya maksud unik di sini adalah unik dalam arti yang luas. Keunikan anda itu bukanlah sesuatu yang harus spesifik, Tetapi bisa yang sering terlihat dan terasa oleh kita.
Misal, ini adalah pengalaman pribadi saya. Menurut saya keunikan saya yang paling menonjol adalah bicara. Yah, hanya sekedar bicara. Tapi toh, itu potensi. Lalu saya coba kembangkan kemampuan bicara tersebut dengan sering melatihnya. Bagaimana cara melatihnya? Ya, banyak bicara..heheehe
Jadi, saya sering bertanya ketika saya tidak tahu pelajaran, saya sering bercerita (story telling) kepada teman-teman, Sering bicara di depan umum. Dan hasilnya??
Tanpa diduga saya dipanggil kakak kelas saya untuk ikut debat, padahal saya bukan anak debat..Itu suatu hal yang bersejarah dalam hidup saya sewaktu SMA.
Ada satu kisah menarik dalam 7 Habits for teenager
Seorang gadis suka sekali dengan rumput. Padahal kebanyakan menganggap rumput hanyalah perusak pemandangan, makanya dipotong. Nah, karena saiking sukanya si gadis ini dengan rumput. Dia mengeloloa keunikannya itu menjdai sesuatu yang berguna. Dia mengirim surat kepada temannya degan dihiasi rumput-rumput itu. Dan sahabatnya sangat senang. Lalu dia mencoba mengihias di kartu pos. Hasilnya, itu pun menjadi pemasukan uang untuknya.
Sekarang!!
Bukalah cakrawala kita..
Temukan dan kembangkan kekuatan kita.
Satu mutiara yang saya ingat.
Janganlah bertanya, Mengapa saya diciptakan seperti kondisi kita ini? melainkan bertanyalah, Apa yang diingankan kehidupan dari konsisi kita saat ini? ”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar