Selasa, 17 Maret 2009

MENGENAL TOKOH PSIKOLOGI (WILHELM WUNDT)

Wilhelm Wundt (1832-1920) merupakan tokoh yang mempunyai peranan penting dalam dunia psikologi. Maw tahu lebih lengkapnya?

Wilhelm Wundt Pictures, Images and Photos

Telah dipaparkan pada artikel pertama bahwa beliau merupakan pendiri psikologi modern.Tidak salah bila dia dijuluki Bapak Psikologi. Lantas bagaimana awal mulanya?
Oke saya akan certakan sekilas.
Pada mulanya dia mengajar fifiologi di Universitas Heidelburg. Kemudian dia dipnidahkan ke Laboratorium Helmholtz. Nah, sewaktu bekerja di sinilah muncul ide/ pemikiran bahwa Psikologi merupakan ilmu yang perlu mandiri, tidak tergantung pada ilmu lain dan juga ilmu yang eksperimental.

Bukunya yang berjudul ”Contributions to The Theory of Sensory perception” berisi tentang ide dan pemikirannya. Selanjutnya terdapat hal yang menarik dalam buku ini. Terdapat istilah “Experimental Psychology” untuk pertama kalinyaatas dasar eksperimen-eksperimen yang dilakukannya sendiri dalam laboratorium yang didirikannya sendiri.

Pada tahub 1867 Wundt membuk course di Heidelberg dalam bidang Psychological Psychology, merupakan course yang pertama kali mengenai hal tersebut di seluruh dunia. 

Wundt lebih menitikberatkan studinya mengenai pengalaman yang tidak langsung (immediate experience) daripada pengalaman yang langsung (mediate experience). Pengalaman langsung memberikan informasi atau pengetahuan sesuatu yanglain daripada elemen pengalaman itu sendiri. Misalnya kalau seseorang melihat bunga dan mengatakan bahwa “bunga itu merah”. Pernyataan ini memberikan gambaran bahwa perhatian orang yang utama adalah dalam bunga itu sendiri, bukan pada fakta bahwa seseorang mengalami kemerahannya bunga itu sediri.

Oke..
Kita sudah berkenalan dengan salah satu tokoh yang cukup berpengaruh dalam dunia psikologi.

NB; Saya akan selalu memberikan informasi-informasi di artikel selanjutnya. Akan ada tokoh-tokoh Psikologi yang lain. Lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar