Selasa, 17 Maret 2009

MENGENAL PSIKOLOGI LEBIH INTIM


Apa yang anda pikirkan, jika anda mendengar kata psikologi? Mungkin anda berpikir tentang jiwa. Ehm..memang ilmu ini berkenaan dengan jiwa, Tapi ada pengertian yang lebih spesifik yang perlu anda ketahui tentang psikologi. Mari kita simak bersama.
 Secara harfiah (bahasa) psikologi berasal dari kata psyche (jiwa) dan logos (ilmu pengetahuan). Jadi tidak salah jika banyak orang yang mengatkan bahwa psikologi adalah ilmu jiwa. Tapi beberapa ahli memiliki pengertian yang lebih dari sekedar itu.
 “Psychology:as a branch of science, psychology has been defined in various way, according to the particular method of approach adapted of field of study proposed by the individual psychologist (Drever:227) ”
 Sudah ada gambaran mengenai psikologi sekarang?
Oke kita akan berkenalan lebih jauh lagi dengan ilmu yang satu jni. Adapun tugas dari ilmu ini adalah sebagai berikut:
1. Mengadakan deskripsi, yakni menjelaskan lebih dalam tentang apa yang dibicarakan.
2. Menerangkan, yakni memberi keterangan atas segala peristiwa yang terjadi.
3. Menyususn teori, yakni merumuskan hubuungan yang saling terkait antara beberapa peristiwa.
4. Prediksi, yakni membuat ramalan mengenai peristiwa yang akan muncul.
5. Pengendalian, yakni mengatur peristiwa.

Kita sudah banyak berkenalan dengan psikologi, Lalu siapa sih orang yang mendirikan psikologi?Ehm…Mungkin tidak banyak yang tahu tentang ini, Pendiri ilmu ini sebagai ilmu modern adalah Wilhelm Wundt (1832-1920). Beliau juga disebut sebagai bapak psikologi modern. Untuk mengetahui siapa dia, akan saya informasikan dalam topic mengenal tokoh.
Akan saya posting dalam beberapa hari lagi..
Sabar ya..
Hehe

Anda mulai tertarik dengan psikologi??
Posting selanjutnya akan kita bahas berbagai gejala kelainan psikologi, berita terbaru psikologi, jurnal psikologi, tokoh psikologi, pokoknya semua tentang psikologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar